Tips Memacu Semangat Belajar Dalam Diri Sendiri

Tips Memacu Semangat Belajar Dalam Diri Sendiri

Berita Pendidikan Terbaru – Sekarang adalah waktu untuk keluar dari kebiasaan mengerjakan pekerjaan rumah yang sama. Cobalah tip belajar ini dan dapatkan dorongan otak yang Anda butuhkan untuk kembali ke sekolah, antara lain :

 

Tips Memacu Semangat Belajar Dalam Diri Sendiri

 

1. Anda tidak membutuhkan ruangan belajar
Meja yang lengkap di tempat yang tenang di rumah adalah kuncinya, tetapi terkadang Anda membutuhkan variasi. Kedai kopi, perpustakaan, taman, atau bahkan sekadar pindah ke meja dapur akan memberi Anda perubahan pemandangan yang dapat mendorong otak Anda untuk menyimpan informasi dengan lebih baik.

2. Agendakan kegiatan yang ingin anda lakukan
Menyimpan kalender membantu Anda membuat rencana — tetapi Anda memiliki lebih banyak pekerjaan daripada sekadar tugas pekerjaan rumah! Pastikan Anda juga menandai ekstrakurikuler, pekerjaan, dan komitmen sosial Anda. (Tes, latihan band, pertandingan tandang, tanggal SAT, setengah hari, dan hari libur hanyalah beberapa contoh pengingat untuk perencana Anda.)

3. Mulailah dari yang kecil
Jika Anda memiliki tugas besar yang menanti, seperti makalah penelitian, tetaplah termotivasi dengan menyelesaikan sebagian dari proyek tersebut setiap beberapa hari. Tulis satu paragraf setiap malam. Atau, kerjakan 5 soal aljabar dari kumpulan soal Anda dalam satu waktu, lalu istirahat.

4. Perlengkapan sekolah (sendiri) tidak membuat Anda teratur
Munculkan sebuah sistem dan pertahankan. Apakah Anda menyimpan satu pengikat besar untuk semua kelas Anda dengan tab berkode warna? Atau apakah Anda lebih suka menyimpan buku catatan terpisah dan folder untuk handout? Jaga agar sistem tetap sederhana — jika terlalu mewah atau rumit, Anda cenderung tidak melakukannya setiap hari.

6. Lakukan rutinitas
Kapan Anda akan meluangkan waktu untuk mengerjakan pekerjaan rumah Anda setiap hari? Temukan waktu yang paling sesuai untuk Anda (ini dapat berubah dari hari ke hari, tergantung pada jadwal Anda!), Dan buat rencana untuk membukukan.

6. Pelajari cara membuat zona bebas gangguan
Sebuah studi tentang gangguan di tempat kerja menemukan bahwa pekerja membutuhkan waktu rata-rata 25 menit untuk kembali ke apa yang mereka kerjakan sebelum gangguan. Coba matikan notifikasi ponsel Anda atau blokir Twitter (sementara) di komputer Anda sehingga Anda dapat berkonsentrasi pada tugas pekerjaan rumah yang ada.

7. Bersikaplah nyata
Saat Anda melihat pekerjaan rumah yang harus Anda selesaikan malam ini, bersikap realistislah tentang berapa lama waktu yang dibutuhkan. Mengukur bahwa membaca bab sejarah akan memakan waktu satu jam dan menulis tanggapan akan memakan waktu 30 menit lagi akan membantu Anda merencanakan cara Anda menghabiskan waktu.

8. Gunakan waktu kelas dengan bijak
Apakah guru Anda sudah selesai mengajar, tetapi kelas Anda masih tersisa 10 menit? Lompati pekerjaan rumah kimia Anda selagi masih segar di benak Anda. Atau gunakan waktu untuk bertanya kepada guru Anda tentang konsep yang kabur pada saat pertama.

9. Periksa catatan Anda setiap malam untuk memastikan Anda mendapatkannya
Isi detailnya, edit bagian yang tidak masuk akal, dan beri bintang atau sorot potongan informasi yang menurut Anda paling penting. Berinteraksi dengan catatan Anda akan membantu Anda mengingatnya. Anda juga dapat menggunakan Bantuan Pekerjaan Rumah untuk menjawab pertanyaan Anda 24/7.

10. Belajar sedikit setiap hari
Menjejalkan kosakata bahasa Spanyol untuk kuis mungkin berhasil dalam jangka pendek, tetapi saat tiba waktunya untuk belajar untuk ujian tengah semester, Anda akan kembali ke titik awal 1. Anda mungkin ingat daftar kosakata cukup lama untuk menguasai kuis, tetapi meninjau istilahnya nanti akan membantu Anda menyimpannya untuk jangka panjang.

11. Jangan biarkan nilai buruk membuat Anda putus asa
Awal yang kasar untuk semester tidak harus menurunkan IPK Anda. Ambil langkah proaktif dengan memeriksa nilai Anda secara teratur secara online dan dapatkan tutor jika Anda membutuhkannya.

12. Berteman di setiap kelas
Temukan beberapa orang yang dapat Anda hubungi dari masing-masing kelas jika Anda memiliki pertanyaan pekerjaan rumah atau harus ketinggalan kelas (dan lakukan hal yang sama untuk mereka!). Kemudian ketika tiba waktunya belajar untuk ujian, Anda sudah memiliki kelompok belajar.

Semoga artikel ini bermanfaat untukmu ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *